Housekeeping dan Cleaning Service, Apa Sih Bedanya?

Perbandingan housekeeper dan cleaning service

Kamu pastinya sudah pernah mendengar jasa bersih rumah seperti housekeeping dan cleaning service. Banyak yang mengira jika keduanya sama akan tetapi pada kenyataannya terdapat perbedaan yang spesifik.

Kedua jenis pekerjaan ini berkaitan dengan penginapan bahkan pada penginapan kamu bisa menemukan keduanya. Namun bagi yang belum mengetahui perbedaan di antara keduanya maka simak informasi berikut ini.

Pengertian Housekeeping

jasa housekeeping untuk pemeliharaan ruangan rumah

Housekeeping ini asalnya dari dua kata yakni house dan keeping. Menurut dictionary cambridge, House memiliki arti rumah dan keeping artinya pemelihara. Jadi bila digabungkan keduanya memiliki pengertian orang ataupun bagian yang bertugas memelihara penginapan, hotel, atau rumah.

Housekeeping ini yang akan membantu berbagai macam keperluan selama kamu menginap. Housekeeping bukan hanya memelihara penginapan, akan tetapi membersihkan serta merawat seluruh penginapan tadi.

Pembagian Kerja Housekeeping

Housekeeping ini biasanya memiliki cakupan kerja yang luas maka dari itu housekeeping ini terbagi ke beberapa seksi. Berikut ini adalah beberapa seksi kerja yang ada di housekeeping dan perlu untuk kamu ketahui.

Baca juga: 7 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Menciptakan Suasana Sejuk

1. Room Section

Seksi memiliki tugas membersihkan serta merapikan ruangan ataupun kamar setelah para tamu check out. Tugas seperti mengumpulkan laundry kotor, mengantarkan ke ruang laundry, mengganti selimut dan sprei, membersihkan debu, dan juga membersihkan kamar mandi.

Seksi ini merupakan yang disorot kinerjanya karena kamar yang nyaman dan rapi tentunya meningkatkan kepuasan para pelanggan.

2. Public Area Section

Seksi ini memiliki tanggung jawab pada pemeliharaan dan pelayanan di area publik yakni kolam renang, lobi, gym, dan juga fasilitas umum lainnya. Untuk pemeliharaan kebersihan area umum perlu dijaga dengan baik karena memang banyak orang yang melewati serta memanfaatkannya.

3. Laundry Section

Seksi ini memegang semua tugas yang berkaitan dengan laundry seperti mencuci, melipat, dan menyetrika seluruh kain yang digunakan. Tugas lainnya juga memberikan jasa laundry untuk tamu (umumnya tidak gratis dan biaya akan dikenakan pada tamu ketika check out).

4. Linen Section

Seksi ini memiliki tugas lanjutan dari seksi laundry yang mana tugasnya mendistribusikan linen serta kain yang telah rapi dan bersih pada seluruh lini serta ruangan hotel yang memerlukannya. Ketika seksi ini mengalami keterlambatan tentunya pendistribusian handuk serta kain bersih ke berbagai ruangan menjadi terlambat.

5. Florist and Gardener

Seksi ini memiliki tanggung jawab pada keindahan taman beserta bunga yang berada di sekitar hotel. Florist mempunyai tanggung jawab menjaga kesehatan dan keindahan buket yang mana rangkaian bunga tadi akan diletakan pada sekitar hotel.

Untuk gardener mempunyai tugas memelihara tumbuhan serta taman yang ada di bagian luar maupun dalam hotel.

Pengertian Cleaning Service

Layanan cleaning service panggilan ke rumah

Layanan pembersihan rumah selanjutnya adalah cleaning service. Cleaning memiliki artian membersihkan dan service itu artinya jasa atau layanan. Dilansir dari lawinside, secara garis besar cleaning service adalah sebuah layanan yang diberikan seseorang guna membersihkan ruangan ataupun tempat pada area tertentu. Celaning service atau Jasa bersih rumah mempunyai tanggung jawab untuk membersihkan area tertentu seperti ruang tamu, kamar mandi, dan lainnya.

Tugas dari Cleaning Service

Berikut ini akan dijelaskan lebih detail berbagai tugas dari cleaning service yang patut untuk diketahui lebih jelas.

1. Pemeliharaan Gedung Bagian Dalam

Untuk dapat mewujudkan kebersihan pada seluruh lingkungan dapat dimulai dari kebersihan kantor, ruangan, dan gedung bagian dalam. Ini menyangkut juga bagian tangga dan bagian dalam yang lainnya, perawatan pada bagian penting tersebut tidak boleh ada yang terlewat pastinya.

2. Pembersihan Bagian Luar

Membersihkan bagian luar seperti tuang atap, pintu, dan sebagainya bisa berguna untuk optimalisasi dan dibersihkan dengan menyeluruh menggunakan jasa bersih rumah yang satu ini. Bagian luar juga penting untuk pemeliharaan jadi baik bagian dalam maupun luar akan terlihat nyaman.

3. Kebersihan serta Pemeliharaan Lantai

Kebersihan secara menyeluruh juga bisa dilakukan dengan cara memprioritaskan kebersihan lantai. Guna memaksimalkan kebersihan lantai bisa dilakukan memakai vacuum cleaner, alat pel, dan kebersihan lainnya. Jadi seluruh kegiatan untuk membersihkan lantai ini haruslah detail serta mencakup banyak hal.

4. Menjaga Kebersihan Toilet

Area toilet perlu bersih serta nyaman karena tempat tersebut beresiko besar mengandung bakteri jadi perlu selalu bersih. Jadi tugas dari cleaning service ini perlu menjaga toilet supaya wangi, bersih, dan nyaman digunakan.

5. Aksesoris Kantor Merupakan Bagian Kebersihan

Tidak hanya gedung bagian luar maupun dalam namun aksesoris kantor juga merupakan bagian dari kebersihan. Aksesoris yang dimaksud seperti meja, lemari, sofa, dan lainnya yang berguna memenuhi ruangan kantor ataupun gedung.

Guna memberikan kesan yang indah dan juga lebih baik di bagian aksesoris tadi, sangatlah penting dilakukan perawatan. Umumnya merawat serta membersihkan bagian pada aksesoris ini perlu detail sehingga pembersihan maksimal.

6. Perawatan Tanaman

Bagian lain yang perlu dirawat oleh jasa bersih rumah yang satu ini yakni perawatan tanaman. Perlu dilakukan perawatan secara menyeluruh supaya tanaman menjadi lebih indah dan terawat salah satunya dengan penyiraman setiap hari.

Itu merupakan tugas dari housekeeping dan cleaning service yang perlu untuk kamu ketahui. Tentunya jika ingin menggunakan jasa tersebut juga bisa untuk membersihkan rumah karena ada jasa bersih rumah murah yang dapat dimanfaatkan.

Perbedaan Antara Housekeeping dan Cleaning Service

Setelah mengetahui pengertian dan tugas dari housekeeping dan cleaning service namun masih bingung perihal perbedaan di antara keduanya. Maka berikut ini penjelasan lebih detailnya.

a. Tanggung Jawab

Housekeeping mempunyai tanggung jawab yang tergolong lebih besar dikarenakan tugasnya yang jauh lebih kompleks serta beragam jika dibandingkan dengan cleaning service.

Housekeeper mempunyai tugas untuk memelihara seluruh ruangan ataupun area tertentu. Sedangkan cleaning service memiliki tugas membersihkan serta merapikan ruangan saja. Jadi ketika akan menggunakan jasa bersih rumah yang maksimal bisa menggunakan housekeeper.

b. Cakupan Pekerjaan

housekeeping memiliki cakupan pekerjaan lebih luas jika dibandingkan cleaning service. Housekeeping mengelola semua area baik di ruang tamu, kamar tidur, ataupun area publik yang lain pada apartemen, hotel, dan lainnya.

Sedangkan cleaning service akan berfokus pada membersihkan ruangan tertentu semacam ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, dan lainnya.

c. Jam Kerja

Waktu kerja housekeeping cenderung lebih panjang yakni 8-10 jam per hari dan 6-7 jam per minggu yang mana sangat bergantung pada permintaan dan kebutuhan tamu. Ini berbeda dengan cleaning service yang akan bekerja beberapa jam saja terlebih untuk membersihkan serta merapikan area tertentu.

d. Gaji

Sudah pasti dari segi gaji jasa bersih rumah seperti housekeeping akan memiliki gaji lebih besar dibandingkan cleaning service karena tanggung jawabnya lebih besar pula.

Jadi itulah perbedaan di antara housekeeping dan cleaning service. Bagi kamu yang sedang mencari tempat kos maka bisa mengunjungi kostzy.com. Di sana tersedia layanan housekeeping yang bisa Anda nikmati secara gratis. selain itu, terdapat berbagai pilihan tempat kos yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pastinya.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penawaran Spesial

Artikel Terbaru

Terus Membaca

Artikel Terkait